Ranting & Komunitas

Sarjana Hukum Kejepit Pintuh

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

 

Latar Belakang SUN

Merantau di negeri tiongkok merupakan suatu hal yang dicita-citakan bagi sebagian orang Indonesia. Menjadi seorang perantau perlu ketangguhan dalam beradaptasi pada lingkungan yang tentu berbeda dengan lingkungan di tanah air. Jauh dari keluarga, jauh dari sarana ibadah, pergaulan bebas, hidup berdampingan dengan orang lokal serta orang asing lainnya membuat khawatir akan terkikisnya benteng diri. Terlebih kita sebagai muslim, tentu perlu memiliki benteng yang kokoh untuk survive di negeri perantauan ini. Sudah barang tentu bagi muslim untuk tetap menjalankan kewajibannya saat merantau ke negeri manapun. Pentingnya benteng ini adalah sebagai akar yang kuat untuk menangkal hal-hal yang negatif dan menebarkan hal hal yang positif dimanapun kita merantau. Maka, betapa pentingnya ukhuwah bagi setiap muslim untuk terus saling menjaga, saling care dan share terhadap muslim lainnya. Menyatukan frekuensi saudara seiman, menyatukan sinyal cinta kepada Allah dan bersama-sama menggapai ridho-Nya, itulah yang menjadi inti dari latar belakang terbentuknya komunitas muslim di kota Nanning.  

Sejarah SUN

Populasi muslim Indonesia di kota Nanning pada tahun 2016 jumlahnya cukup sedikit (kurang dari 20 orang). Meskipun belum sebanyak muslim di kota lain, namun kami memiliki hasrat untuk saling menjalin ukhuwah silaturahmi. Bermula dari sekedar kumpul setelah sholat Jum’at, masak dan makan bersama, kami menggelar acara silaturahmi antar muslim di kota Nanning. Kami menggelar acara perdana di salah satu tempat tinggal seorang dosen Bahasa Indonesia di kampus Xiangsihu yakni Iqbal Ramadhan (kang Iqbal). Acaranya belum rutin dan sangat sederhana yakni masak dan makan bersama. Biasanya setelah makan bersama acara dilanjutkan dengan menyimak video kajian yang “ringan tapi ngena banget” salah satu kajiannya disampaikan oleh Ustadz Hanan  Attaki. Sambil menyimak kajian biasanya kami sambil menyantap cemilan seperti bakwan dan bubur kacang.

*LampiranFoto2

 

Kegiatan acara silaturahmi terus berjalan dari tahun 2016 hingga tahun 2019 awal. Tempatnya kita laksanakan berpindah-pindah. Terkadang kita gelar acara di ruangan masjid, terkadang pula di tempat salah satu dosen di kampus Minda yakni Amelia Meilita (Bu Amel). Sejak awal, nama ”Pemuda Hijrah Nanning” adalah nama yang kami pilih sebagai nama grup di wechat. Grup ini dibuat oleh Fauziah Mustikasari (Teh Fau). Grup ini hadir sebagai sarana berbagi informasi mengenai acara kumpul, sharing mengenai berbagai tips, info mengenai produk halal, sarana silaturahmi, dan kegiatan lainnya. Namun kegiatan kami belum rutin, penyelenggaraannya pun belum terorganisir dan masih bersifat tentatif. 

Qodarullah, seiring berjalannya waktu, muslim yang berasal dari Indonesia di kota Nanning semakin bertambah. Pada periode 2018-2019 jumlah muslim Indonesia di kota Nanning bertambah menjadi sekitar 50 orang. Oleh karena ini, kami berinisiatif untuk membentuk sebuah komunitas muslim yang lebih terorganisir. Dengan membentuk komunitas yang lebih terorganisir ini diharapkan kegiatan silaturahmi serta agenda yang bernuansa Islami lainnya dapat dilaksanakan dengan lebih rutin dan lebih baik lagi kedepannya. Atas Rahmat Allah , maka pada tanggal 15 April 2019 telah diresmikan komunitas Muslim Indonesia di kota Nanning yang bernama SUN (Serambi Ukhuwah Nanning). Peresmian ini diinisiasi oleh Dinda Ramadhita (berasal dari kampus Yikeda). Diawali dengan diskusi yang dihadiri perwakilan muslim dari setiap kampus di Nanning, kemudian Gani Hakim (berasal dari kampus Xida) mengusulkan untuk menamakan komunitas ini dengan nama SUN yakni Seramibi Ukhuwah Nanning, sekaligus memaparkan mind mapping mengenai program yang akan dijalankan. Dengan kesepakatan bersama (persetujuan dari perwakilan yang hadir dan persetujuan di grup wechat) maka tersusunlah struktur organisasi SUN sebagai berikut:

*LampiranStruktur+foto

Profil: Tujuan, Visi, Misi, Prinsip dan Struktur Organisasi

Berbicara tentang ukhuwah, maka identik dengan silaturahmi. Silaturahmi yang menyatukan cinta kepada Yang Maha Cinta. Maka, alangkah baiknya bila kita sebagai hamba-Nya untuk menebarkan sinyal cinta demi memperoleh ridha dari Sang Maha Cinta yaitu Allah. Dengan ini kami bentuk komunitas muslim sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi.

Tujuan

  1. Mendapat ridha Allah 

  2. Memeperoleh suasana harmonis dengan rasa kekeluargaan antar sesama muslim Indonesia di kota Nanning

  3. Menyatukan sesama muslim di kota Nanning

Visi

  1. Menjadikan SUN sebagai sarana menjalin ukhuwah islamiyah antar muslim Indonesia di kota Nanning

  2. Terciptanya positive vibes antar muslim Indonesia di kota Nanning 

  3. Terciptanya perspektif muslim yang baik di khalayak publik

Misi

  1. Menjalin ukhuwah islamiyah muslim Indonesia di kota Nanning

  2. Mengadakan acara silaturahmi rutinan yang menciptakan suasana harmonis

  3. Menciptakan ukhuwah yang fun, enjoy, dan youth friendly

  4. Merutinkan sharing konten islami di berbagai media sosial

  5. Menyelenggarakan kegiatan yang menciptakan insight dan positive vibes dari nilai-nilai agama Islam.

 

Prinsip BESTIES

Berkiprah bermanfaat sesuai visi dan misi

Empati, peduli dan peka terhadap makhluk Allah serta lingkungannya

Sinergi kolalaborasi dalam menjalankan visi dan misi

Tawadhu dan menjaga akhlak dalam berukhuwah

Ikhlas dan sabar dalam menjalankan visi dan misi

Efektif dan efisien dalam menjalankan visi dan misi 

Senyum dan selalu bersemangat dalam menjalankan visi dan misi

 

Struktur Organisasi 2019-2020

*Lampiranstruktur+foto

 

Kegiatan SUN Sebelumnya

Meriah dan Heboh di Acara Halal Bihalal Setelah Idul Fitri

*LampiranFoto2

Kegiatan Charity, SUN untuk Tara

*LampiranFoto2

Agenda SUN Selanjutnya

Rutin, Sederhana, Barokah

  1. ComingSUN (Acara Perkenalan Setiap Awal Tahun Ajaran Baru)

  2. SUNsharing Aktif nge-share konten bermanfaat di Media Sosial (Wechat, Instagram, Youtube dl)

  3. SUNsantap (Silaturahmi Dengan Sajian Mantap) 2 bulan sekali

  4. SUNdekat (Sedekah Jumat) 

  5. Get Well SUN (Infak Untuk Kesembuhan Bro/Sist SUN)

  6. SUNkening (Ketemuan Maaf-maafan Biar Hati Kembali Bening) Menggelar Acara Halal Bihalal Idul Fitri 

  7. SUNCare (Charity Before Graduate)

Info:

  1. Rute Ke Masjid

*Lampirangambar

 

  1. Tips mendapatkan Makanan Halal, logo halal, rute 肉联厂, foto toko, recommended product, Taobao

*Lampirangambar

  1. Siapkan Tisu dan Tumbler untuk ke WC

*Lampirangambar

  1. Selalu sedia syal multifungsi untuk sajadah, sarung dan penghangat

*Lampirangambar

  1. Jadwal Solat, Jumatan

*Lampirangambar

Pesan:

  1. Share happiness dgn tetangga

  2. Menjadi muslim Indo yg baik ramah, buktikan bahwa Islam itu Indah

  3. Saling care, saling mengingatkan dgn cinta

  4. Berjamaah, sedekah rame rame (sholat, charity dll)

  5. Transfer rindu melalui doa untuk keluarga, guru, dan sahabat tercinta di tanah air



Sarjana hukum betulin pintuh

 

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Profile Organisasi PPIT Kunming :

Hallo semua pelajar Indonesia Salam Perimpunan 😀

PPIT Kunming adalah Ranting dari PPIT Cabang Nanning karena PPIT Kunming adalah organisasi pelajar Indonesia pertama di Provinsi Yunnan, So PPIT Kunming belum memiliki cabang yang pada akhirnya PPIT Kunming bergabung secara administrasi ke PPIT Nanning Sebagai cabang terdekat menurut territorial Provinsi yang terdekat di Tiongkok.

 

PPIT Kunming adalah sebuah organisasi mahasiswa Indonesia yang berada di Provinsi Yunnan, Kota Kunming, Tiongkok. Sebagai pelajar Indonesia di Negeri Rantauan Tiongkok tentunya tidak afdol jika tidak memiliki sebuah wadah organisasi pelajar Indonesia. Dengan semangat Nasionalisme yang dimiliki para pelajar Indonesia di kota Kunming tersebut, maka pada tanggal 23 November 2019 para pelajar Indonesia yang berada di Kota Kunming bersepakat menggelar Musyawarah dan Mufakat untuk membentuk PPIT Kunming sebagai organsisasi resmi dibawah naungan PPIT pusat Tiongkok. Tujuan dari PPIT Kunming ini bukan hanya menambah wawasan dan jaringan bagi pelajar Indonesia tetapi organsisasi ini juga menjadi wadah dengan rasa kekeluargaan bagi pelajar rantauan di Negeri Tirai Bambu yang jauh tanah kelahiranya untuk bisa membantu satu sama lain dan menciptakan suasana keharmonisan bagi pelajar Indonesia di Kota Kunming.

Struktur Organisasi PPIT Kunming 2020-2021